Berbagi Bersama Yayasan Pita Kuning : Part I

Kanker merupakan salah satu masalah kesehatan yang harus mendapatkan perhatian di Indonesia.Dapat Anda lihat, jumlah penderita kanker di Indonesia mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Saat ini, jumlahnya mencapai 6% dari total populasi yang ada.
Kanker juga dapat terjadi pada anak-anak. Dalam artikel “Waspada Kanker Anak”, yang dimuat pada harian Kompas, 28 Juli 2006, disebutkan bahwa setiap tahunnya, diperkirakan ada 4.100 kasus baru kanker pada anak di Indonesia. Dengan kata lain, sekitar 2-3% anak di Indonesia menderita kanker setiap tahunnya. Itulah alasan yang mendasari terbentuknya Pita Kuning.
PADA SUATU KETIKA …
Pita Kuning diawali oleh sekelompok orang yang memiliki perhatian khusus terhadap anak penderita kanker. Kelompoktersebut menamakan dirinya  sebagai C3 (Community for Children with Cancer).  Awalnya, mereka mengadakan kunjungan Sabtu-Minggu untuk menghibur anak-anak tersebut. Dari situ mereka mulai merasakan kedekatan emosional dengan anak-anak yang mereka hibur. Seiring waktu yang berjalan, mereka mulai mengadakan kegiatan-kegiatan rutin. Biaya untuk acara tersebut berasal dari kantong mereka ataupun teman mereka yang mau menyumbang.  Makin lama, makin banyak relawan yang bersedia bergabung, dan terbentuklah Yayasan Pita Kuning.

MENGAPA PITA KUNING DIBENTUK?
Pertama, Pita Kuning melihat bahwa setiap tahun jumlah anak penderita kanker di Indonesia meningkat. Di samping itu, kanker adalah penyakit yang relatif masih sulit disembuhkan, khususnya pada anak.
Perlu diketahui, gejala pada kanker tidak jelas dan sulit dideteksi. Apalagi di Indonesia yang masih sangat minim dalam pelayanan kesehatan! Ditambah dengan kurangnya informasi mengenai kanker pada anak dan pengetahuan orangtua tentang kanker. Akibatnya, orang tua tidak mengetahui tentang gejala awal penyakit kanker pada anak, pentingnya deteksi dini, dan penanganan yang segera pada penyakit kanker.
Selain minim informasi, keterbatasan finansial juga menyebabkan orangtua enggan untuk membawa anaknya berobat.  Sudah ada stigma-stigma negatif tentang rumah sakit, seperti mahalnya biaya pengobatan yang tidak didukung oleh kesembuhan, dll.
APA SAJA KEGIATAN PITA KUNING?
Saat ini, Pita Kuning mempunyaibeberapa program dari edukasi masyarakat,dukungan psikologi/ emosional kepada anak dan orang tua, bantuanbiayapengobatandanbanyak lagi lainnya.  Secara garis besar program tersebut terbagi menjadi :
a. Pendampingan, ditujukan bagi anak sekaligus orang tuanya. Pendampingan ini dalam bentuk menemani selama perawatan di RS Dharmais, sekaligus memberikan informasi mengenai program Askeskin di RS Dharmais. Selain itu, mereka juga  memberikan buku panduan kanker anak pada orang tua. Jika tertarik, pihak umum dapat memiliki buku ini. Untuk keterangan lebih lanjut, silakan menghubungi Adeali(081387287244) atau Luki (021-568 1570 ext 2465), Senin – Jumat jam 08.00 – 16.00.
b. Psikososial. Kegiatan ini lebih ditujukan untuk menangani kondisi kejiwaan anak penderita maupun keluarganya. Program yang dilakukan meliputi kegiatan bermain dan belajar (school in hospital), pembimbingan anak (penjelasan kepada orang tua mengenai penyakit dan prosedurnya,konseling, penyemangat saat anak lagi sedih, dll), serta adanya acara-acara tertentu, seperti perayaan ultah ataupun nonton bareng.

Psst! Baru-baru ini, anak-anak Pita Kuning juga diajak menonton drama Musikal Laskar Pelangi. Mereka diundang langsung oleh Riri Riza dan Mira Lesmana. Tak terbayangkan betapa bahagianya anak-anak tersebut mendapat kesempatan seperti itu.
c.  Edukasi kepada publik, berupa penyuluhan dan pendidikan mengenai kanker anak dan resikonya pada masyarakat luas. Dalam hal ini, Pita Kuning bekerja sama dengan MRA Media, HRFM, dan Female Radio.
d.  Penggalangan dana, untuk membantu membiayai program-program di atas ini. Donasi dapat diberikan melalui rekening di bank Mandiri ataupun BCA.

Program-prgoram di atas diadakan di RS Dharmais. Tetapi Pita Kuning tidak hanya untuk anak yang dirawat di Dharmais lho! Pita Kuning sekarang telah membuka kerja sama dengan rumah sakit lain, di antaranya RS Harapan Kita, Fatmawati, Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, dan RSPAD, selain dengan RS Dharmais sendiri selaku pusat pengobatan kanker di Indonesia.
Lalu, bagaimana caranya jika tertarik lebih lanjut dengan Pita Kuning? Nantikan artikel selanjutnya besok (Kamis, 3 Februari2011), hanya di www.tanyadok.com …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *